KOLABORASI PAGUYUBAN SISWA DAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA




      Paguyuban merupakan bentuk kelompok sosial yang ada di masyarakat yang mempunyai ikatan darah dan hubungan kekerabatan dan kekeluargaan sehingga di antara anggotanya memiliki rasa saling memiliki dengan anggota yang lainnya dan mempunyai suatu tujuan yang mulia dan berguna bagi anggota-anggotanya dan orang banyak. Paguyuban orang tua siswa di kelas merupakan perkumpulan orang tua atau wali siswa untuk peningkatan mutu pembelajaran di kelas. Paguyuban orang tua siswa pada setiap kelas dibentuk mempunyai tujuan untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara guru atau wali kelas dengan orang tua siswa di sekolah dasar.

             Paguyuban kelas merupakan perkumpulan orang tua siswa dalam suatu kelas yang bertujuan untuk membangun dan menumbuhkan dan meningkatkan partisipasi, kepedulian dan tanggung jawab orang tua dengan pemberian saran dan masukan dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu paguyuban kelas juga bertujuan untuk menciptakan hubungan yang baik antara guru atau wali kelas dengan orang tua dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

           Dalam Pengembangan Program kemitaan sekolah,  guru dan komite sekolah di masing –masing kelas membentuk Paguyuban kelas secara sederhana dan membenahi kelas demi kemajuan pendidikan anak bangsa. Dengan koordinasi dan pendekatan yang baik tentu akan memberi hasil yang baik pula. Rasa antusiasme untuk turut ambil bagian di antara seluruh orang tua muncul dari hati masing-masing.

          Paguyuban kelas I sampai kelas VI ada sebelas kelompok Paguyuban. Masing-masing Paguyuban sudah melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung kegiatan sekolah. Kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain, menata masing-masing kelas, penataan lingkungan dan pembuatan taman kelas, pengembangan pojok baca tiap kelas  Pojok baca yang dikembangkan di setiap kelas bertujuan untuk memotivasi anak untuk menjadi anak yang gemar membaca. Dukungan moril orang tua sangat kuat ditambah lagi dengan para pendidik dan tenaga kependidikan  yang sangat energik dan guru yang masih muda dan masih banyak dedikasi  untuk selalu berinovasi.

               Berangkat dari niat yang baik dan tulus serta komitmen yang kuat untuk memperbaiki sekolah, seluruh elemen bergerak secara holistik membentuk paguyuban dari kelas 1 – 6. banyak  dedikasi yang tinggi.  Harapan dari pihak sekolah semoga kerjasama  dan kolaborasi dengan paguyuban terus ditingkatkan sehinga akan berdampak pada prestasi- prestasi siswa  baik akademik maupun non akademik

LihatTutupKomentar